Rencana Pembangunan Monumen Pesawat A-4 SKYHAWK DI BALI

Senin, 02 Februari 2015

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Bali Ir. Jayadi Jaya M.Si menindaklanjuti rencana pembangunan monumen pesawat tempur bersama Pemerintah Kota Denpasar, Lanud Ngurah Rai, SKPD Provinsi Bali terkait yang di selenggarakan pada hari selasa, 9 desember 2014 bertempat di ruangan rapat Wiswa Saba Pratama.

Dalam Rangka Rencana Pembangunan Monumen Pesawat Tempur itu Pemerintah Kota Denpasar mendukung rencana tersebut baik dari lokasi penempatan monumen di lapangan Lumintang ( ex Monumen Asea / Sea Games ) maupun rencana alokasi penganggaran pada APBD - Perubahan Tahun 2015. Sedangkan dari LANUD Ngurah Rai mengajukan rencana garis besar pembangunan monumen pesawat tempur tipe A-4 SKYHWAK Ex TNI AU yang sekarang berada di LANUD Hassanudin Makasar. Untuk pembiayaan Pembangunan monumen tersebut  akan di sharing antara Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota Denpasar dan TNI AU ( LANUD Ngurah Rai ) dari sisi kewenangan / penyelenggaraan urusan pembangunan monumen pesawat agar menjadi program / kegiatan pemerintahan Kota Denpasar.
LANUD Ngurah Rai akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Denpasar terkait lokasi sesuai dengan tata ruang, estetika, manfaat, mekanisme hibah dan sebagainya.
Secara Teknis Pihak LANUD berdasarkan surat perintah kepala staff TNI angkatan Udara Nomor : sprint/877/VII/2009 tentang alih fungsi barang bergerak inventaris TNI AU berupa pesawat A-4 Skyhawk yang di mutasikan kepada sesama unit organisasi didalam lingkungan TNI AU, salah satu diantaranya dialokasikan ke Bali .
Secara Teknis Rencana Pemindahan Pesawat dan Pembangunan Monumen Sebagai Berikut :
1. Rencana Kegiatan Pengiriman Pesawat A-4 Skyhawk seperti penyiapan peralatan dan peronel
2. Pelaksanaaan Disasembly dilaksanakan 7 hari kerja sperti Cleaning, Flight Contorl, Aft Section,
    Forward Section dan Wing.
3. Pengiriman
4. Perakitan
5. Pengecatan
6. Pembuatan Pondasi dudukan monumen pesawat dan taman.
Rencana Pembangunan Monumen pesawat A-4 Skyhawk di Bali sangat penting dan akan di kenang sepanjang masa depan.


Informasi